Selasa, 19 September 2023

  • Jurnal Karya 2023 "Resume" #43

     



    RESUME 

    MEDIA PEMBELAJARAN

    Yulia Permata Sari



    1. Video Pembelajaran

      1. Kelebihan

    1.) Dapat digunakan berulang kali, tidak memandang jarak dan waktu sehingga menjadi lebih efektif.

    2.) Membuat siswa termotivasi dalam sebuah pembelajaran sehingga pembelajaran tidak membosankan.

    3.) Membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran tanpa terikat dengan bahan ajar lain, bisa membawa siswa ke berbagai tempat tanpa membawa mereka langsung ke tempat tersebut.

    4.) Media video pembelajaran bisa menampilkan hal-hal kecil dan berbahaya secara langsung.

    5.) Media video pembelajaran bisa menampilkan kegiatan di tempat lain atau kejadian di masa lalu, hal yang ditampilkan informatif dan dapat dipercayai.

    6.) Dapat digunakan dalam kelompok besar, kecil dan individu.

    7.) Memberikan pengalaman pembelajaran yang baru kepada siswa dan pesan yang disampaikan melalui media video pembelajaran disampaikan secara menyeluruh kepada siswa.


    1. Kekurangan

    1.) Media video pembelajaran memerlukan dana atau biaya yang banyak dalam pembuatan videonya.

    2.) Media video pembelajaran akan menjadi pembelajaran yang monoton jika pendidik hanya menampilkan video saja tetapi tidak menggunakan metode atau gaya belajar lainnya.

    3.) Siswa harus bisa mengingat satu persatu bagian dari video yang ditampilkan untuk bisa memahami keseluruhan dari isi video tersebut dan ketika siswa lupa beberapa bagian dari video tersebut maka harus menonton ulang video tersebut yang membuat pembelajaran menjadi tidak efektif.

    4.) Siswa harus memilki akses internet dan perangkat seperti laptop, komputer atau smartphone yang harganya cukup mahal untuk bisa mengakses atau mendownload video pembelajaran yang diberikan pendidik.


    1. Quizizz

      1. Kelebihan

    1.) Bagi guru, memudahkan dalam membuat soal.

    2.) Ketika siswa menjawab soal atau kuis dengan benar, setelah itu akan muncul beberapa poin yang di dapatkan dalam satu soal, juga mendapatkan ranking atau peringkat berapa dalam menjawab kuis tersebut.

    3.) Jika siswa menjawab kuis tersebut salah, makan akan muncul jawaban yang benar, guna koreksi mandiri bagi siswa.

    4.) Ketika telah dinyatakan selesai mengerjakan kuis, pada sesi akhir atau penutup, sebelumnya akan di tampilkan di review question guna mencermati kembali jawaban yang telah dipilih.

    5.) Dalam mengerjakan kuis, setiap siswa mendapatkan soal kuis yang berbedabeda, karena telah di acak secara otomatis, sehingga meminimalisir kecurangan.


    1. Kekurangan

    1.) Jaringan atau imternet, yang sewaktu-waktu bermasalah.

    2.) Ketika mengerjakan, siswa dapat membuka tab baru, itu artinya siswa bisa masuk dengan mudah menggunakan cara lain unruk mencari jawaban.

    3.) Dalam permasalahan waktu, siswa yang mulanya bisa mendapatkan peringkat atas, memiliki kemungkinan penurunan peringkat, di karenakan manajemen waktu yang kurang tepat.

    4.) Akan menjadi kendala atau permasalahan tambahan, bila siswa terlambat bergabung.


    1. Liveworksheet

      1. Kelebihan

    1.) Media Pembelajaran mudah dioperasikan dengan handphone, komputer dan laptop.

    2.) Memudehkan peserta didik dalam proses pembelajaran. 3.) Dapat di akses kapanpun dan dimanapun.

    4.) Dapat menambah minat belajar peserta didik karena media di kemas dengan menarik dan simpel.

    5.) Memudahkan untuk mempelajari materi permintaan dan penawaran dan mudah untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, karena Media Pembelajaran memiliki petunjuk pengoperasian yang jelas.

    6.) Memudahkan guru dalam memberikan tugas yang langsung mengoreksi otomatis dan langsung keluar nilai. Dan mempermudah guru dalam penyampaian materi permintaan dan penawaran.

    7.) Pada soal evaluasi score akhir bisa langsung dilihat dibagian cover E-LKPD.


    1. Kekurangan

    1.) Media hanya bisa diakses pada jaringan internet yang baik dan stabil.

    2.) Media bisa di download namun berupa PDF. Jika di download tidak bisa mengerjakan soal evaluasi secara online karena akses media hanya dapat menggunakan link pada web browser pada perangkat pengguna.

    1. FlipHTML5

      1. Kelebihan

    1.) FlipHTML5 menyajikan materi pembelajaran dalam format yang menyerupai buku cetak dengan kemampuan halaman yang dapat dibalik. Ini menciptakan pengalaman membaca yang interaktif dan memungkinkan siswa untuk mengakses konten dengan mudah.

    2.) Dapat dikembangkan dengan mudah; pihak pengembang dapat mengembangkan berdasarkan kreasinya tanpa keterampilan tertentu.

    3.) Proses pengembangan dan penggunaanya gratis.

    4.) iovatif akan berbagai fitur; pengaturan menawarkan bermacam pilihan supaya pembaca merasa nyaman.


    1. Kekurangan

    1.) Pengguna hanya bisa mengakses e-modul yang dibuat dari aplikasi tersebut dengan gadget yang terhubung internet.

    2.) memerlukan perencanaan yang matang dan waktu yang lama dalam memodifikasi media serta terdapat perbedaan antara berbayar dan gratis.


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Copyright @ 2018 LSP FKIP UNS Kampus VI Kebumen.